Minggu, 01 Oktober 2017

Perkataan Yang Bernada Provokatif

Sekilas persyaratan mereka terlihat mudah namun pada akhirnya, bukanlah hal itu yang terjadi. Sedangkan tugas dari para hakim garis adalah mengacungkan bendera kuning - merah yang mereka genggam apabila terjadi offside karena wasit tidak bisa memperhatikan pergerakan pemain yang ada jauh didepannya. Namun juga wasit berhak untuk tidak menghiraukan lambaian bendera hakim garis walaupun hal tersebut tidaklah lumrah terjadi diatas lapangan hijau. Namun belakangan juga mesin telah perlahan - lahan  mengganti peranan linesman sedikit demi sedikit dengan alat yang seringkali dikritik berita bola dunia mental dan pola pikir.

Para penonton yang menonton dari rumah bisa merasakan atmosfir berita bola indonesia yang seru yang mereka saksikan dari layar kaca atau televisi maupun melalui jaringan internet di komputer dan telepon genggam masing - masing. Dengan begitu, yang menonton dari rumah akan merasa tertarik untuk mengunjungi stadion tersebut. Apabila ia berasal dari luar negeri diadakannya pertandingan tersebut, maka juga akan menambah visa dan pemasukan negara. Hal ini sudah dirancang sedemikian rupa oleh ahli keuangan federasi sepak bola.



Dan pada akhirnya, semua kembali ke faktor moneter alias uang. Memang belakangan ini penelitian menunjukkan bahwa kehadiran para penonton yang ada distadion tidaklah menambah pemasukan dengan nilai yang besar, tapi pihak kandang juga seringkali menjual aksesoris atau atribut klub resmi dimana harganya tidaklah murah, mulai dari kaus, topi, selendang atau syal, bola, bahkan hingga benda - benda lain yang tidak ada hubungannya dengan berita bola seperti figurin mini, gantungan kunci, juga poster. Barang - barang seperti itu memang terkesan murah dan tidak ada harganya tidak pernah menelan kekalahan.

Sanksi yang diberikan oleh bisa saja berupa kartu kuning, merah, atau hanya teguran saja. Jika lawan sudah terpancing, maka si provokator akan merasa senang didalam hatinya karena misi mereka telah berhasil. Contoh pemain yang acapkali melakukan hal ini adalah Sergio Ramos yang berkebangsaan Spanyol dan Pepe dari Brasil, yang keduanya membela klub raksasa nan kaya raya Real Madrid dari Spanyol. Selain mereka juga masih ada pemain lain yang kerap memprovokasi pemain tim lawan mereka. Contoh lain adalah Pedro dan Sergio Busquet yang membela Barcelona.



Contoh provokasi terhadap wasit yang memimpin jalannya pertandingan sepak bola adalah ketika seorang pemain dari tim A melanggar pemain dari tim B. Rekan tim B akan mencoba sebisa - bisanya untuk membuat si pelaku mendapatkan kartu, entah itu kuning atau merah dengan berbondong - bondong mendekati wasit sembari mengeluarkan perkataan yang bernada provokatif kepada wasit agar ia mau mengacungkan kartu yang terdapat dikantongnya. Percaya atau tidak, hal seperti ini seringkali berbuah hasil yang menguntungkan bagi pihak yang melakukan komplain tadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar