Rabu, 27 Desember 2017

Perjalanan Tim Jangka Panjang

Dipertandingan liga domestik La Liga Spanyol tanggal enam belas bulan April tahun dua ribu sebelas, El Clasico tersebut harus berakhir dengan skor imbang setelah Lionel Messi mencetak gol dari titik pinalti, yang pada akhirnya menyelamatkan Barcelona dari kekalahan atas tim yang dipoles oleh Jose Mourinho itu. Jose Mourinho sendiri selalu mengandalkan Cristiano Ronaldo sebagai ujung tombak yang mampu mengoyak garis pertahanan lawan berita bola dunia, dan juga dibantu oleh performa apik striker berkebangsaan Perancis, Karim Benzema selain juga disokong oleh gelandang seperti Xabi Alonso gagal membawa pulang satu piala.

Saat itu Lionel Messi sedang berada pada musim kesembilannya bersama Barcelona dan ia disodori kontrak baru oleh pihak manajemen klub pada tanggal tujuh bula nFebruari tahun dua ribu tiga belas dimana isinya diantaranya adalah ia harus tetap tinggal membela klub berita sepak bola indonesia yang bermarkas di Camp Nou itu hingga tahun dua ribu delapan belas, dan juga menaikkan pendapatan atau gajinya menjadi tiga belas juta Euro pertahun atau kurang lebih sekitar seratus sembilan puluh lima milyar Rupiah setelah dikonversikan. Harga ini pantas disematkan kepada seorang Lionel Messi yang selalu menjadi faktor pembeda.



Pada pertandingan final piala dunia antarklub itu, Lionel Messi mencetak gol penentu kemenangan Barcelona atas Estudiantes de La Plata dengan skor akhir dua satu. Yang menariknya, Lionel Messi menjebol gawang lawannya yang berasal dari tanah kelahirannya Argentina itu dengan menggunakan dadanya setelah mendapatkan umpan lambung dari rekannya, Dani Alves yang merupakan seorang bek samping namun kadang - kadang juga berperan sebagai sayap. Kini, Dani Alves bermain untuk Juventus dan meski usianya sudah tidak lagi muda bagi ukuran seorang pemain sepakbola, ia masih ditakuti lawannya mengutamakan pemain yang berpengalaman.

Selanjutnya dimusim selanjutnya, yaitu musim dua ribu empat hingga dua ribu lima, Lionel Messi menjadi seorang starter atau pemain yang langsung turun untuk tim Barcelona B dan ia juga memainkan total tujuh belas pertandingan pada musim tersebut juga termasuk enam gol diantaranya. Menjadi seorang starter sendiri merupakan bentuk sebuah kepercayaan seorang pelatih kepada pemainnya karena tidaklah terasa enak jika seorang pemain dibangkucadangkan oleh pelatih alias dijadikan ban serep saja karena itu berarti dirinya bukanlah pilihan utama seorang arsitek klub bola.



Kegagalan tim sekaliber Barcelona pada musim tersebut sedikit banyak berpengaruh atas jasa dan kontribusi seorang Lionel Messi karena diatas lapangan, ia mampu menghadirkan perbedaan - perbedaan yang jarang sekali dapat dibuat oleh para pemain sepakbola lainnya dan sama seperti Cristiano Ronaldo, Lionel Messi juga selalu menjadi bomber juga tumpuan utama klub yang mereka bela. Hal ini sebenarnya tidaklah bagus bagi perjalanan tim jangka panjang karena terlalu bergantung pada satu orang pemain berita bola tidak membuat seluruh isi skuad tersebut menjadi hebat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar