Rabu, 15 November 2017

Tidak Ikut Dalam Strategi

Pada masa sekarang, Barcelona dan juga tim nasional Spanyol telah mengembangkan gaya permainan baru yang dinamakan Juego de Posicion berbasis dari teori strategi total football dan juga filosofi mantan pelatih Barcelona Johan Cruyff ketika legenda sepakbola Belanda tersebut membesut klub berita bola yang bermarkas di Camp Nou dari tahun seribu sembilan ratus delapan puluh delapan hingga seribu sembilan ratus sembilan puluh enam silam. Hingga kini juga bisa dilihat gaya permainan Barcelona yang mengandalkan kaki ke kaki serta menyebar walau sejak kepergian Pep Guardiola, mereka menjadi monoton gaya bermainnya entah disengaja atau tidak.

Selanjutnya, Barry Hulshoff yang merupakan mantan pemain bertahan Ajax Amsterdam juga menjelaskan lebih lanjut mengenai pergantian posisi yang hanya mungkin terjadi karena adanya kewaspadaan akan ruang gerak yang mumpuni dari para pemain berita bola dunia yang telah dilatih dengan menggunakan strategi total football ini selama mungkin. Tidak dapat dipungkiri bahwa waspada dan awas terhadap ruang gerak, baik kosong maupun isi tidaklah mudah dan tidak semua pemain sepakbola dapat menguasai kemampuan pemosisian diri yang hebat seperti ini, bahkan bagi yang berpengalaman sekalipun.



Selain itu, rata - rata dari pemain sepakbola andalan Josep Pep Guardiola di Barcelona merupakan hasil didikan akademi muda La Masia yang memiliki gaya tersinkronisasi satu sama lain, selain juga kemampuan Barcelona sebagai sebuah klub sepakboal yang mampu menjaga penguasaan bola serta terus memberikan tekanan terhadap lawan yang mereka hadapi tidak peduli siapapun itu mulai dari Real Madrid hingga klub lain yang tidak berlaga di La Liga Spanyol. Dibawah kepelatihan Josep Pep Guardiola juga Barcelona mengukuhkan diri mereka sebagai salah satu tim terbaik didunia dan sinkronisasi yang terakselerasi.

Akar yang nantinya akan menjadi asal muasal permainan tiki - taka mulai diimplementasikan oleh Johan Cruyff, sang legenda sepakbola dari Belanda saat masa kepelatihannya di Barcelona mulai tahun seribu sembilan ratus delapan puluh delapan hingga seribu sembilan ratus seimbilan puluh enam silam. Gaya bermain Barcelona seperti ini juga tetap terus dikembangkan oleh pelatih klub yang bermarkas di Camp Nou lainnya seperti Louis van Gaal dan Frank Rijkaard yang sama - sama berasal dari Belanda. Selain itu, banyak klub lain di La Liga Spanyol yang mengadaptasi gaya permainan tiki - taka ini.



Rekan - rekan setim Johan Cruyff di Ajax Amsterdam kala itu juga bekerja sangat keras untuk membantu legenda sepakbola Belanda tersebut sekaligus guna mengadaptasikan diri mereka sendiri dengan strategi total football ini. Seluruh tim yang ditangani oleh Rinus Michels kala itu secara teratur saling bertukar posisi satu sama lain untuk memastikan peranan masing - masing pemain sepakbola didalam tim berita sepak bola indonesia tersebut terisi dengan mantap agar membuat lawan bingung namun penjaga gawang tidak ikut dalam strategi ini dan fokus mempertahankan gawangnya dari gempuran lawan saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar